Meningkatkan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card pada Siswa SD Negeri I Kambowa Buton Utara
Keywords:
Keterampilan, Flashcard, MembacaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan media flas card pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri I Kambowa Kabupaten Buton Utara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu; tahap perencanaan, tahap tindakan , tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, dan lembar obsrvasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Flash Card pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 31,3% (5 orang) dengan nilai rata-rata 52,8% pada siklus I Hasil belajar siswa meningkat 59,3% (9 orang) dengan nilai rata-rata 5,9%. Sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 93,7% (15 orang siswa) dengan nilai rata-rata 7,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri I Kambowa Kabupaten Buton utara.