Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Lamaninggara
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, KolaboratifAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa melalui siswa melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif di kelas IV SDN 1 Lamaninggara”. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Lamaninggara yang berjumlah 17 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 8 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan prosedur pelaksanaan tindakan, dimana penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Kolaboratif dan siklus ke dua dilakukan tindakan dilakukan tindakan sebanyak dua kali pertemuan dengan model pembelajaran yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kolaboratif di kelas IV SD Negeri 1 Lamaninggara dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Dimana terlihat pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 58,82 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 41% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 78,23 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 82%. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri 1 Lamaninggara.