Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Analisis, Membaca Permulaan, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan dan faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Laangke, yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Laangke. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, tes, angket dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 dari 20 orang siswa dari kelas I A dan 4 dari 19 orang siswa dari kelas I B SD Negeri 1 Laangke yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, dimana proses penelitian ini dimulai dengan melakukan observasi terlebih dahulu dengan guru wali kelas I A dan guru wali kelas I B kemudian dilakukan tes untuk mengetahui kesulitan anak lebih mendalam, setelah di ketahui aspek kesulitannya antara lain yaitu mulai dari kesulitan mengenali huruf, kesulitan mengenali makna kata, mengeja terbata-bata dan sulitnya memahami teks yang dibacakan.