Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V Tema 7 Subtema 3 Melalui Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw di SD Negeri 3 Pongo Kabupaten Wakatobi
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, JigsawAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 3 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pongo. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dua siklus. tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Pongo yang terdiri 12 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus klasikal individu, nilai rata-rata, dan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pra-siklus nilai rata-rata 6,200 dari 15 siswa, 33,33% (5 siswa) mencapai nilai KKM dan 66,66% (10 siswa), siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 6.60 dengan ketuntasan belajar 46,66% dan siklus II nilai rata-rata meningkat 7,13 persentase ketuntasan 80% (12 siswa) tuntas dan 20% (3 siswa) belum tuntas. hasil penelitian disimpulkan pembelajaran menerapkan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Pongo kabupaten wakatobi.