Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Keterampilan Membaca, Metode Pembelajaran, SASAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui penerapan metode struktur analitik sintetik (sas) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 3 Katobengke pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 3 Katobengke yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan metode SAS dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I dan siklus II diperoleh sebanyak 15 (46,87%) orang yang tuntas, 17 (53,12%) yang belum tuntas dan jumlah seluruh nilai 1900 dengan nilai rata-rata kelas 59,37. Hasil keterampilan membaca siswa pada siklus I setelah menggunakan metode SAS dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh sebanyak 22 (68,75%) orang yang tuntas, 10 (31,25%) orang yang belum tuntas dan jumlah seluruh nilai 2370 dengan nilai rata-rata 74,06. Kemudian pada hasil tes keterampilan membaca siswa pada siklus II menunjukan bahwa 28 (87,5%) orang yang tuntas, 4 (12,5%) orang yang belum tuntas dan jumlah semua nilai siswa 2710 dengan nilai rata-rata 84,68.