Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Reward pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Sakinas Triawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan
  • Wa Ode Riniati

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Reward

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Bahasa indonesia dengan menggunakan metode Reward di kelas III SD Negeri 76 Buton. Metode penelitian meliputi prosedur penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siswa pada pra siklus sebelum menerapkan metode reward terdapat 5 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 31℅. Setelah menerapkan metode reward pada siklus I siswa yang tuntas belajar menjadi 10 siswa dengan ketuntasan klasikal 62℅. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 87℅. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 76 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01