Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Papan Waktu pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nurfianti Nurfianti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri
  • Siti Rahmalia

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Papan Waktu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan media pembelajaran timeboard siswa kelas II di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas II SD Negeri 2 Nganganaumala. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Nganganaumala pada pra siklus nilai rata-ratanya sebesar 70,47 persentase. ketuntasan klasikal 7 siswa (33,33%) dan tidak tuntas 14 siswa (66,66%). Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata (74,76%) dari persentase ketuntasan klasikal 9 siswa (42,85%) dan tidak tuntas 12 siswa (57,14%). Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata (82,85%), persentase ketuntasan klasikal sebanyak 19 siswa (90,47%) dan 2 siswa atau 9,52% belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media time board dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Nganganaumala.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01