Meningkatkan Keterampilan Menulis melalui Teknik Writing in Here and Now di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Kiki Rahmad Zainal Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan
  • Wa Ode Riniati

Keywords:

Keterampilan, Menulis, Writing in Here and Now

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pantun melalui teknik writing in here and now pada siswa kelas V SD Negeri 1 Lowu-lowu. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research adalah proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 1 lowu-lowu. Dengan subjek penelitian terdiri dari 12 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang berbentuk data kuantatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan siswa menulis pantun melalui teknik writing in here and now mengalami peningkatan. Hal itu diketahui berdasarkan pada peningkatan yang terjadi pada prasiklus sampai akhir tindakan yaitu siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada prasiklus yaitu 16% dengan nilai rata-rata 43,75 dan ketuntasan klasikal 16%. Sedangkan nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 58% dengan nilai rata-rata 69,58dan ketuntasan secara klasikal 58%. Sedangkan untuk siklus II nilai ketuntasan siswa yang diperoleh yaitu 83% sedangkan nilai rata-rata 85 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15