Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Model Pembelajaran SAVI pada Siswa Kelas IV SD Negeri 45 Buton
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, SAVIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas IV SD Negeri 45 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan penelitian : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa. Penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, setiap siklus di lakukan tes dan observasi. Hasil peneltian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 45,45% setelah menggunakan model pembelajaran SAVI ketuntasan siklus I mencapai 63,63% dan siklus II mencapai 90,90%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 69,23% dan siklus II mencapai 92,30%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 53,84 dan pada siklus II mencapai 84,61%. Berdasarkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 45 Buton Kabupaten Buton.