Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Metode Eksperimen pada Siswa SD Negeri I Baadia
Keywords:
Hasil Belajar, Siklus Air, Metode EksperimenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen kelas V SDN 1 Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 47,82% setelah menggunakan metode eksperimen ketuntasan siklus I mencapai 60,86% dan siklus II mencapai 95,65%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 93,75%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Baadia Kota Baubau Sulawesi Tenggara.