Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 2 Baadia
Keywords:
Hasil Belajar IPA, Pendekatan KontektualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa yakni meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Baadia yang berjumlah 27 siswa, meliputi 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kegiatan observasi dan pemberian soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan penelitian. Pada tahap pra siklus hasil belajar persentase ketuntasan yaitu 25,92%, siklus I sebesar 66,67%, dan siklus II sebesar 92,59%. Hasil belajar pada siklus II berhasil mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75% siswa tuntas, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan pendekatan kontekstual dikelas IV SD Negeri 2 Baadia Kota Baubau.