Analisis Kesalahan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 3 Katobengke

Authors

  • Fianti Fianti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Eka Rosmitha Sari

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Bangun Datar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dan mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar pada kelas IV Sd Negeri 3 Katobengke. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal bangun datar maka peneliti melakukan analisis hasil tes dan hasil wawancara serta menggunakan pedoman kriteria kesalahan Watson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan kriteria kesalahan watson adalah data tidak tepat (inappropriate data), data hilang (omitted data), kesimpulan hilang (omitted conclusion), konflik level respon (response level conflit), masalah hirarki keterampilan (skill hierarchy problem) dan selain ketujuh kategori (above other). Penyebab kesalahan tersebut adalah kurangnya pemahaman siswa dalam materi bangun datar dan kurangnya keterampilan dalam menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar sehingga ada beberapa nomor yang tidak dapat diselesaikan dengan benar bahkan ada beberapa nomor yang hanya melakukan operasi sederhana dan kemudian dijadikan hasil akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15