Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Berbantuan Alat Peraga Segitiga JKW di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Alat Peraga, Index Card MatchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) berbantuan alat peraga segitiga JKW. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Katobengke yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) berbantuan alat peraga segitiga JKW, Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai skor tes akhir dari masing-masing siklus dengan rata-rata kelas pada prasiklus mencapai 57,50, siklus I mencapai 69,58, dan pada siklus II mencapai 80. Dan ketuntasan klasikal pada prasiklus mencapai 41,67% (10 siswa), siklus I mencapai 62,50% (15 siswa), dan siklus II mencapai 87,50% (21 siswa).