Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Tema 1 Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Jasmiati Jasmiati Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA tema 1 Sumber Bunyi di kelas IV SD Negeri 2 Wanci Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa,  tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan terdiri dari dua yaitu dari keberhasilan yang berkaitan dengan nilai yang diperoleh peserta didik dan keberhasilan yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar. Dilihat dari nilai peserta didik minimal nilai 69 sesuai dengan KKM. Dilihat dari peningkatan hasil belajar minimal 80% maka telah mencapai nilai minimal 69. Penggunaan Model Kooperatif  Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Bante. Siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dari 18,18%% menjadi 81,81%%. Disimpulkan bahwa Penerapan Model Kooperatif  Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Tema 1 Sumber Bunyi Di Kelas IV SD Negeri 2 Wanci Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31