Optimalisasi Peran Guru dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Katobengke

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kosila Kosila
  • Jufri Agus

Keywords:

Peran Guru, Karakter, Sopan Santun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru alam pembentukan karakter sopan santun siswa kelas IV SD Negeri 1 Katobengke. Desain penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang guru yang mengajar di Kelas IV dan 4 sampel siswa dari 26 siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri atas memilah data, memaparkan data dan penafsiran kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipan atau informan memilki jawaban dan pengalaman yang berbeda-beda yang terdiri atas peran guru dalam memberikan peneladanan, penyontohan, keterlibatan guru dalam membentuk karakter sopan dan santun anak didik, peran guru dalam memberikan penguatan pemahaman, peran guru dalam proses kebersamaan dengan anak dan peran guru dalam membicarakan (komunikasi) kepada anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru berperan sangat fundamental dalam perkembangan dan pembentukan karakter seorang anak, peran guru tersebut berpusat pada guru yang setiap hari berinteraksi dengan anak, guru harus menerapkan enam indikator yaitu: peneladanan, penyontohan, keterlibatan, penguatan, kebersamaan dan membicarakan (komunikasi) dalam proses pembentukan karakter sopan santun anak agar menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31