Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Indrawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Fitriani B

Keywords:

Kemampuan Literasi, Metode Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui model problem based learning pada materi organ gerak manusia dan hewan kelas V SD Negeri 12 Buton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi sains, observasi guru dan observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi sains pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM yaitu berjumlah 6 siswa (37,5%) dan yang belum mencapai KKM 10 siswa (62,5%) dengan nilai rata-rata 60,21. Siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 10 siswa (62,5%) dan yang belum mencapai KKM yaitu 6 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata 69,17. Siswa yang mencapai KKM pada siklus II yaitu 14 siswa (87,5%) dan yang belum mencapai KKM yaitu 2 siswa (12,5%) dengan nilai rata-rata 78,33. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 12 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31