Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Midel Pembelajaran, STADAbstract
Penelitian ini melatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar, siswa kurang memperhatikan guru saat sedang menjelaskan materi pelajaran matematika, siswa kurang terlibat dalam kegiatan belajar. Hal ini dilihat pada kemampuan hasil belajar siswa pada semester ganjil dari 28 siswa, terdapat 15 siswa yang belum tuntas atau 54%, dan 13 siswa yang tuntas atau 46%. Tujuan penelitian mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Katobengke. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa. Jenis penelitian penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam observasi, tes. Teknik validasi instrument penelitian adalah uji validitas, uji reabilitas. Teknik analisi data uji Prasyarat Analisis, Uji Homogenitas, uji hipotesis. Hasil uji hipotesis paired sample t-test data post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol menggunakan SPSS, dimana diperoleh nilai nilai T-Hitung sebesar 1.877 ≥ 1.701, yang artinya T-Hitung ≥ T-Tabel pada taraf signifikan α sebesar 0,05. Hasil data pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata nilai, dimana nilai rata-rata untuk pre-test kelas ekperimen yaitu 55,86 dan nilai rata-rata untuk post-test kelas eksperimen yaitu 66,21.