Meningkatkan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model NHT Berbasis Budaya Buton Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmah Rahmah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin
  • Siti Rahmalia N

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan bangun datar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis budaya Buton pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungi kota Baubau.. Prosedur penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 1 Bungi yang berjumlah 20 siswa dengan rincian siswa laki-laki adalah 8 siswa dan siswa perempuan adalah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data hasil observasi dan analisis data hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis budaya Buton pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar prasiklus yaitu 20%, ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 60%, dan ketuntasan hasil belajar siklus II yaitu 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31