Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Example non example Berbantuan Media Gambar Kelas III di SD Negeri Wangkanapi
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Example Non ExampleAbstract
Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model example non example berbantuan media gambar pada tema 7 perkembangan teknologi pada kelas III-A di SDN Wangkanapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara pra siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A di SDN Wangkanapi yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes evaluasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh sebagai berikut. Standar KKM yaitu 70. Hasil belajar siswa yang tuntas belajar pada siklus I terdapat 18 siswa (64%) dan yang belum tuntas 10 siswa (36%). Hasil belajar pada siklus II yang tuntas belajar 24 siswa (86%) dan yang belum tuntas belajar sebanyak 4 siswa (14%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model example non example berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A di SDN Wangkanapi.