Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Yuslian B Universitas Muhamadiyah Buton
  • Syamsurijal Syamsurijal

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Make a Match

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Wameo pada pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran  make a match (membuat pasangan) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wameo dengan jumlah siswa yang terdiri dari 16 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dipenelitian ini observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berbentuk kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa matematika melalui penerapan model pembelajaran make a match mengalami peningkatan berdasarkan peningkatan yang terjadi pra siklus sampai siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada pra siklus yaitu 7 (43,5%) sedangkan nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 10 orang siswa yang tuntas dengan yaitu ketuntasan klasikal (62,5%) Sedangkan untuk siklus II nilai ketuntasan siswa yang diperoleh yaitu 14 orang siswa yang tuntas dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 87,5%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31