Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Wa Ode Asri Irma Yusti UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Ma'ruf Ma'ruf

Keywords:

Kemampuan Membaca, Media Belajar, Cerita Bergambar

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pelajaran bahasa Indonesia setelah menerapkan media cerita bergambar. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 1 Laompo yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan media cerita bergambar yang terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tes prasiklus ada 12 siswa yang tuntas dan 9 siswa tidak tuntas dengan presentase ketuntasan klasikalnya yaitu 57% dan nilai rata-ratanya 68, pada siklus I yaitu dari 21 siswa hanya 13 siswa yang tuntas dan 8 siswa tidak tuntas dengan presentase ketuntasan klasikalnya yaitu 62% dan nilai rata-ratanya 71,66 pada siklus II dengan pencapaian presentase klasikal yaitu 85% dengan nilai rata-ratanya 74,47 di mana dari 21 siswa ada 18 siswa yang tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Dengan demikian dari nilai yang diperoleh hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cerita bergambar memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena telah mencapai presentase 75% sesuai dengan kreiterianya. Penelitian ini penting untuk dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan peserta didik dapat belajar membaca lewat cerita bergambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15