Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Metode Suku Kata pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
Keterampilan Membaca, Model Pembelajaran, Suku KataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran suku kata terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri 111 Buton Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode dalam penelitian ini yaitu dengan metode suku kata. Subjek dalam Penelitian ini sebanyak 15 orang siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, rumus rating scale dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode suku kata berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji tes keterampilan membaca siswa dengan perolehan nilai persentase data prasiklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 42%, pada tindakan siklus I ketuntasan klasikal sebesar 57%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model pembelajaran Scramble di kelas III SD Negeri 111 Buton berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan dan motivasi belajar siswa.