Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Bilangan Asli melalui Kantong Nilai di Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Resti Fauziah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Kantong Nilai

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan asli menggunakan media kantong nilai pada siswa kelas 2 SD Negeri 2 Puma. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berbentuk kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Puma dengan jumlah yang terdiri dari 29 siswa. Hal ini dapat dilihat pada kemampuan siswa pada saat mengerjakan evaluasi siswa yang bahwa dari keseluruhan 29 siswa, terdapat 13 siswa mendapat nilai di atas 69 atau sebanyak 45% sedangkan siswa yang mendaptkan nilai dibawah 69 terdapat 16 siswa atau sebanyak 55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika memalui kantong nilai mengalami peningkatan berdasarkan peningkatan yang terjadi pada pra siklus sampai siklus II. Nilai peningkatatan pada pra siklus dengan presentase klasikal 55,1% sedangkan nilai hasil belajar siklus I media pembelajaran kantong nilai meningkat dengan presebtasi ketuntasan klasikal 62,0% dan nilai hasil belajar siklus II dengan menggunakan media kantong nilai semakin meningkat dengan presentasi ketuntantasan 82,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31