Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Indeks Cart Match Kelas IV SD Negeri 1 Todombulu
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Index Cart MatchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahanya dapat meningkat menggunakan metode index cart match di SD Negeri 1 Todombulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Todombulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan, diperoleh nilai rata-rata 57,5 dari 26 siswa, terdapat 13 siswa (50%) yang tuntas pembelajarannya dan yang belum tuntas pembelajarannya sebanyak 13 siswa (50%). Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 70,96 dengan ketuntasan belajar 63,38% (17 siswa) tuntas dan 34,61% (9 siswa) belum tuntas. Sedangkan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,53 dengan presentase ketuntasan 88,64% (23 siswa) tuntas dan 11,53% (3 siswa) belum tuntas. Berdasarkan hasil nilai siklus II terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa, ini terbukti meningkatnya hasil belajar siswa, dengan demikian pembelajaran IPA materi wujud zat dan perubahanya melalui metode index cart match terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.