Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (LOC) Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ambeua

Authors

  • Sifa Wauzia UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Eka Rosmitha Sari

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inside Outside Circle

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Ambeua Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian meliputi prosedur penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 8 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil belajar siswa pada prasiklus sebelum menggunakan model inside-outside circle yaitu terdapat 3 siswa yang tuntas hasil belajarnya dengan ketuntasan klasikal 37,5%. Setelah menggunakan model inside-outside circle pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajarnya menjadi 5 siswa dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 7 siswa yang tuntas hasil belajarnya dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model inside-outside circle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Ambeua Kabupaten Wakatobi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31