Meningkatkan Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Wa Ode Erlinda UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Nur Inayah Safariyah
  • Wa Ode Anggita Dwi Cahyani
  • Wa Ode Virdaya
  • Karim Karim
  • Risman Iye
  • Kamasiah Kamasiah

Keywords:

Efektifitas, Model Pembelajaran, Talking Stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Baubau. Data yang dikumpulkan dengan model penelitian ini sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama empat kali pertemuan. Pengumpulan data dalam model talking stick ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia mengenai melengkapi kalimat rumpang dalam teks ‘Raja Ampat’. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengikuti proses belajar siswa. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan jumlah siswa mencapai ketuntasan sebanyak 16 siswa dengan persentase 64% dan belum tuntas 9 siswa yang belum tuntas dengan persentase 36%. Dan siklus II menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan persentase 88% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 12%. Hasil belajar siswa kelas IV meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran talking stick. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model talking stick meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 2 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01