Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Menggunakan Media Audio Visual pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 2 Baadia

Authors

  • Ummul Rahma K Unversitas Muhammadiyah Buton
  • Ratna Said
  • Muhammad Yusnan

Keywords:

Membaca Pemahaman, Media Audio Visual, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media Audio Visual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Baadia dengan subjek siswa kelas V sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, rumus klasikal, dana rumus kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berhasil mencapai kriteria ketuntasan, pada analisis data menunjukkan bahwa hasil keterampilan membaca pemahaman siswa dari rata-rata 70 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada tingkat ketuntasan siswa dimana pada siklus I sebanyak 65% menjadi sebanyak 87% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01