Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kalialia

Authors

  • Mentari Saputri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fitriani B
  • Siti Rahmalia N

Keywords:

Minat, Belajar, Game Online

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah game online memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa Kelas IV di SD Negeri Kalialia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan metode ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kalialia dengan sampel kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket pengaruh game online terhadap minat belajar siswa dengan model skala likert dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjuan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara game online terhadap minat belajar siswa SD Negeri kalialia dengan nilai t hitung 2,631 dengan nilai signifikansi (sig) 0,014 < 0,05 yang artinya variabel X (Game Online) berpengaruh terhadap variabel Y (Minat Belajar). Adapun nilai analisis korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,445. Selanjutnya besarnya nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini adalah sebesar 0,198. Yang mengandung pengertian bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Game Online) terhadap variabel terikat (Minat Belajar) yaitu sebesar 19,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15