Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurliani Remi Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Menulis Karangan, Media Pembelajaran, Gambar Seri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri 3 Katobengke Tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Penelitian tindakan kelas ini merujuk pada model Kemmis dan Mc Taggar dimana pelaksanaan penelitian yang dilakukan dimulai dari pelaksanaan tindakan, penerapan tindakan, observasi dan evaluasi pelaksanaan proses dan hasil pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian sebanyak 23 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai yang tuntas sebanyak 8 siswa (34,78%) dengan nilai rata-rata 68,91 kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (60,87%) dengan nilai rata-rata 66,52. Kemudian pada siklus II dengan perolehan data nilai siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (86,96%) dengan nilai rata-rata 77,82 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar seri pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 3 Katobengke.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01