Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Metode Jarimatika di Kelas III Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, JarimatikaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 2 Lowu-lowu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas III SD Negeri 2 Lowu-Lowu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini diakhiri dalam dua siklus karena telah mencapai indikator keberhasilan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 siswa. Instrument penelitian ini adalah soal tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III. Pada kegiatan tes awal nilai rata-rata siswa yang diperoleh 46 dengan presentase belajar yang tuntas yaitu 20%. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 62,5 dengan presentase belajar yang tuntas yaitu 55% sedangkan siklus II mengalami peningkatan lebih baik dengan nilai rata-rata 82 dengan prsentase belajar yang tuntas adalah 90%. Dengan demikian penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalain pada siswa kelas III SD Negeri 2 Lowu-Lowu.