Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Iteraktif Kelas V SD Negeri 2 Busoa Kabupaen Buton Selatan

Authors

  • Midarmin Midarmin Unversitas Muhammadiyah Buton
  • Yurfiah Yurfiah

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Interaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa melalui model pembelajaran Interakti dikelas V di SD Negeri 2 Busoa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian dikelas V SD Negeri 2 Busoa yang berjumlah 16 orang siswa. Objek penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi hak dan kewajiban terhadap ketersediaan air bersih. Pada siklus pertama dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif dan siklus kedua dilakukan tindakan sebanyak dua kali pertemuan dengan model yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat diketahui bahwa pelaksanan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 38,23% (2 orang siswa) dengan nilai rata-rata 61,17%. Pada siklus I hasil belajar siswa   meningkat menjadi 54,94% (4 orang siswa) dengan nilai rata-rata 69,41%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% (11 orang siswa) dengan nilai rata-rata 80,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Interaktif masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SD Negeri 2 Busoa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31