Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Jalia Jalia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri
  • Suardin Suardin

Keywords:

Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Bingo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan bingo siswa kelas V SD Negeri 1 Katobengke. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan penelitian: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan tes evaluasi dan observasi. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 29,17%, setelah diterapkan model TGT berbantuan media permainan bingo ketuntasan siklus I mencapai 62,5% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Hasil belajar siswa telah tuntas secara klasikal minimal 85% yang nilainya ≥ 71 berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan bingo dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Katobengke.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15