Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share

Authors

  • Puput Rosyalita UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Gawise Gawise
  • Dahniar Dahniar

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran think pair share pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Sangia Wambulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui observasi, tes awal, dan tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menerapkan model think pair share  pada pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 22,73%  (5 orang siswa) dengan nilai rata-rata 51,36. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebesar 40,91% (9 orang siswa) dengan nilai rata-rata 64,54 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 90,91% (20 orang siswa) dengan nilai rata-rata 81,81. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran think pair share dapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Sangia Wambulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15