Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 9 Pembelajaran melalui Model Make a Match Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Sangia Wambulu
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Make a MatchAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar saintifik siswa kelas IV SDN 5 Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah dengan menggunakan paradigma pembelajaran make a match. 29 siswa dari SDN 5 Sangia Wambulu berpartisipasi dalam jenis penelitian ini sebagai proyek penelitian tindakan kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui materi perubahan bentuk energi. Berdasarkan temuan penelitiannya, hasil belajar siswa pra siklus sebesar 31,03% (9 siswa), dengan nilai rata-rata 57,75%. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,51% (19 siswa) pada hasil siklus I, dengan nilai rata-rata 68,79%. Dengan rata-rata skor 75,93% pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,75% (24 siswa). Oleh karena itu strategi pembelajaran Make a Match dapat diterapkan di kelas IV SDN 5 Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 9 Kaya Negeriku. Berdasarkan hasil dari siklus I dan II dengan menerapkan metode make a match kelas IV di SD Negeri 5 sangiawambulu mengalami peningkatan.