Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 17 Buton

Authors

  • Nur Fatrin Rahmat Unversitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 17 Buton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa dari total populasi 16 siswa kelas V dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data utama menggunakan angket yang disebar ke 16 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kompetensi pedagogik guru memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 17 Buton. Berdasarkan hasil pengujian arah hubungan antara variabel kompetensi pedagogik guru dengan variabel hasil belajar siswa diperoleh hasil koefisien regresi sebesar 2,306 menunjukkan nilai koefesien regresi bernilai positif, berarti arah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa adalah positif. Kemudian berdasarkan hasil uji parsial (uji-t) diketahui bahwa nilai Sig. 0.000 < 0.05 dengan kriteria pengujian dan jika Sig. < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 17 Buton. Adapun besaran pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa dengan uji determinasi, didapat nilai determinasi (R Square) sebesar 0.816 (81,6%) yang berarti bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 81,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01