Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Satuan Baku Panjang Dan Berat Melalui Model Pembelajaran NHT Pada Sekolah Dasar

Authors

  • Fakrin Bastian Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Riniati
  • Siti Rahmalia Natsir

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan satuan baku panjang dan berat melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas III SD Negeri 1 Laompo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) Perencanaan (2) Pelaksnaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas III SD Negeri 1 Laompo. Berdasarkan hasil penelitian analisis data hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 40%, setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together ketuntasan hasil belajar siswa siklus I meningkat menjadi 73,30% dn siklus II mencapai 90%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 73,69% dan siklus II mencapai 86,37%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68,42% dan siklus II mencapai 81,82%. Berdasarkan hasil belajar siswa, pengamatan aktivitas guru dan pengamatan aktivitas siswa dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas III SD Negeri 1 Laompo, kabupaten Buton Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31