Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Puisi Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Kelas IV SD Negeri 1 Uwemaasi
Keywords:
Hasil Belajar, Keterampilan Membaca, Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi kelas IV SD Negeri 1 Uwemaasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class action reasearch) yang terdiri dari dua siklus di mana dua siklus dilaksanakan masing-masing 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Uwemaasi yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan adanya tahapan peningkatan hasil belajar siswa, dimana Sebelum tindakan atau pretest nilai rata-rata kelas adalah 55 dan presentase ketuntasan belajar siswa adalah 25% atau 2 orang dari jumlah 8 siswa. Pada siklus I keseluruhan nilai rata-rata kelas adalah 65 dan presentase ketuntasan belajar siswa adalah 62% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 80 dan presentase ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang, peneliti memutuskan menghentikan penelitian karena telah mencapai atau melampaui ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70%.