Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Baadia

Authors

  • Filda Rahim Universitas Muhamadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Power Point

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan quasi eksperimentas design yang dimana terdapat 2 kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberikan prettest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah populasi kelas IV B dan IV C adalah 40, yang kemudian 2 kelas adalah sampel yaitu kelas IV B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV C berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point memiliki efektifitas yang  signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV  SD Negeri 2 Baadia. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata posttest siswa  kelas eksperimen yaitu 74,50 sedangkan untuk rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 56,50 perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji “t” diperoleh nilai signifikan 0,003 lebih kecil dari nilai sig 0,05 hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima yaitu terdapat pengaruh media Power Point terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01