Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Anwar Anwar Universitas Muhammadiyah Buton
  • Agusalim Agusalim

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas V bahwa dalam pembelajaran IPS yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, siswa yang pintar selalu mendominasi kelas sehingga siswa yang pengetahuannya kurang cenderung pasif dan hasil belajar  mereka  rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Wonco dengan jumlah siswa yang terdiri dari 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data berbentuk kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray mengalami peningkatan berdasarkan peningkatan yang terjadi pada pra Tindakan sampai siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada pratindakan pada ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai (30%) dengan rata-rata 52,5. Sedangkan ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai (60%) dengan nilai rata-rata 62,5. Sedangkan untuk siklus II ketuntasan siswa mencapai 80% dengan nilai rata-rata 10,5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15