Meningkatkan Hasil Belajar Hitung Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, PMRIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri 1 Watiginanda Kabupaten Buton Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 1 Watiginanda dengan jumlah siswa 26 siswa, laki-laki 18 dan perempuan 8. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi, evaluasi, refleksi pada setiap tindakan tes awal dari 26 siswa, yang mendapat nilai <65 sebanyak 18 siswa dan siswa yang mendapat nilai >65 sebanyak 8 siswa dengan nilai rata-rata 58. Sedangkan hasil pada siklus I, siswa yang mendapat nilai <65 sebanyak 13 siswa dan siswa yang mendapat >65 sebanyak 13 siswa dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II siswa mendapat nilai <65 sebanyak 0 siswa dan siswa yang mendapat nilai >65 sebanyak 26 siswa dengan rata-rata 82. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Watiginanda. Dengan demikian, model pembelajaran PMRI dapat dijadikan salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemajuan pendidikan dunia.