Evaluasi Program Layanan Perpustakaan di SD Negeri 44 Buton
Keywords:
Evaluasi, Layanan Perpustakaan, Sekolah DasarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesenjangan pada layanan perpustakaan dan mengajukan rekomendasi untuk meningkatkan program layanan perpustakaan di SD Negeri 44 Buton, khususnya pada jenis layanan sirkulasi, layanan referensi dan layanan penelusuran informasi. Penelitian ini menggunakan model evaluasi kesenjangan yang berfokus terhadap masukan, proses dan keluaran. Pendekatan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulkan data berupa teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan pada layanan perpustakaan di SD Negeri 44 Buton yang secara keseluruhan fokus evaluasi berada pada kategori rendah, dimana terdapat kesenjangan pada tiap komponen yaitu pada masukan, dimana kesenjangan terjadi pada masing-masing aspek masukan yaitu tidak adanya pustakawan 1 orang yang memiliki jabatan fungsional dan kurang optimalnya pengadaan sumber belajar lain dan belum memiliki buku pedoman, pengaturan pengatalogan yang berguna sebagai pemberian identitas koleksi. Tahapan proses, jenis layanan perpustakaan belum sepenuhnya optimal, terdapat kesenjangan yaitu kegiatan layanan yang belum optimal baik pada layanan sirkulasi, layanan referensi maupun penelusuran informasi seperti kegiatan perpanjangan koleksi tidak berjalan. Pemberian jasa referensi dan penelusuran informasi yang minim, kesediaan administrasi perpustakaan belum optimal seperti laporan statistik belum seluruhnya dibuat. Pada tahapan keluaran, kesenjangan terjadi pada kurangnya kedisiplinan pengguna pada pengisian registrasi sehingga data pengunjung perpustakaan tidak optimal, kepuasan pengguna dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara kepada siswa dan guru. Hasilnya menunjukan tingkat kepuasan terhadap layanan perpustakaan di SD Negeri 44 Buton menyatakan tidak puas.
Kata Kunci: Evaluasi, Layanan Perpustakaan, SD Negeri.