Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Siswa

Authors

  • Firna Firna UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Tarno Tarno
  • Imran Kudus

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pengalaman

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari hasil ulangan siswa dimana masih ada 60% siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sedangkan 40% sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Adapun nilai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar 65% (13 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 63,65%. siklus 2 sebanyak 85% (17 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 78,7%. dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V SD Negeri 2 Lowu-lowu memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.dilihat dari indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah telah tercapai dalam hal ini minimal 70% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal 65.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15