Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Pembelajaran Learning Cycle di Sekolah Dasar

Authors

  • Awaludin Awaludin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Andi Lely Nurmaya G
  • Samritin Samritin

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Learning Cycle

Abstract

Peneliti bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi daur hidup hewan menggunakan pembelajaran Learning Cycle kelas IV SD Negeri Keraton. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Keraton yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan diawali pra tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa saat pra tes nilai rata-rata 67,10 dari 19 siswa, sebanyak 8 siswa yang tuntas atau 42,10% mencapai KKM, 11 siswa atau 57,89% belum tuntas atau belum mencapai KKM, siklus I nilai rata-rata 68,42 dengan 12 siswa yang tuntas atau 63,15% sudah mencapai KKM, 7 siswa atau 36,84% belum tuntas atau belum mencapai KKM. Terjadi kenaikan nilai rata-rata pra tes ke siklus I sebanyak 12 siswa yang tuntas sedangkan siklus II hasil mengalami kenaikan lagi yaitu nilai rata-rata meningkat menjadi 76,84 dan ketuntasan siswa sebanyak 17 siswa atau 89,47%, dan belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 10,52% dengan nilai rata-rata siklus II 76,84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Cycle meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Keraton Kota Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31