Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bunyi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bunyi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 1 Watuampara Kabupaten Buton Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Watuampara berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi terhadap hasil belajar siswa dan teknik tes tertulis. Analisis data dilakukan menggunakan rumus presentase untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 61,81 dengan persentase ketuntasan sebesar 54% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 83,18 dengan presentase ketuntasan sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bunyi di kelas IV SD Negeri 1 Watuampara.