Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Peta Konsep
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Peta KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui metode peta konsep Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri I Biwinapada Kabuten Buton Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pada tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpilan data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Biwinapada berjumlah 33 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 orang perempuan pada tahun aiaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sebelum diberi tindakan diperoleh nilai rata-rata 70,63% dari 33 siswa, 45,45% (15 siswa) yang mencapai nilai KKM dan 54,54% (18 siswa) belum mencapai nilai KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 71,60% dengan ketuntasan belajar klasikal 60,60% (20 siswa) tuntas dan 39,39% (13 siswa) belum tuntas. Sedangkan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78,24% dengan presentase ketuntasan 84,84 % (28 siswa) tuntas dan 15,15% (5 siswa) belum tuntas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Biwinapada, kabupaten Buton Selatan.