Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran, DiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen design dengan siswa kelas VA berjumlah 15 siswa dan VB berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil belajar dikumpulkan dari pretest dan posttest, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji independent sample t-test pada Equal variances assumed menunjukkan nilai sig sebesar 0.016 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Jadi pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran efektif untuk siswa.