Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil belajar, Media pembelajaran, AnimasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan media pembelajaran animasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subyek yang digunakan siswa kelas III di SD Negeri 1 Katilombu sebanyak 20 orang peserta didik, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 11 orang dan 9 orang yang tidak tuntas dengan presentasi ketuntasan 55% serta rata-rata yang diperoleh yaitu 66,5. Sedangkan pada pelaksanaan tindakan siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas yaitu 20 orang atau semua siswa memperoleh nilai tuntas dengan presentase ketuntasan 100% serta nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 85. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema I siswa kelas III. A di SDN 1 Katilombu.