Penggunaan Media Konkret Berbahan Alamiah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Farianti Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Konkret, Alamiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan Media Konkret Berbahan Alamiah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Al Himah Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Kota Baubau yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan media konkret berbahan alamiah yang dilaksanakan di kelas V hasil belajar siswa mengalami peningkatan, di mana pada prasiklus presentase ketuntasan belajar klasikal 36,37% dengan nilai rata-rata 65,22 pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal mencapai presentase 77,28% dengan nilai rata-rata 77,04 dan siklus II meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 991,13. Dikatakan meningkat karena melihat hasil belajar siswa pada siklus II jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01