Meningkatkan Hail Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Pada Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Index Card MatchAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran PPKn di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 5 Marobo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dibagi menjadi dua bagian, yang masing-masing terdiri dari 4 langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 5 Marobo yang berjumlah 13 orang, terdiri dari 4 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I ke siklus II. Baik dari kegiatan siswa dan kegiatan guru, keterampilan pemecahan masalah. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 56,92% pada siklus I menjadi 76,15% pada siklus II. 7 siswa 53,84% yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa yang tuntas 84,61% pada siklus II memenuhi syarat nilai keberhasilan 70% siswa sudah meningkat.