Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri 1 Lakambau

Authors

  • Wa Desri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurmin Aminu Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kedisiplinan, Belajar, Prestasi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis bagaimana kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Lakambau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 5 siswa dengan tingkat kedisiplinan belajar yang berbeda-beda. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa siswa dengan tingkat kedisiplinan belajar tinggi tentunya memiliki sikap kedisiplinan belajar yang tinggi. Siswa yang tidak memiliki kedisiplinan belajar tentunya dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik yang membuat mereka memiliki prestasi belajar yang rendah karena kurang adanya minat untuk terus belajar yang menyebabkan mereka cenderung bersikap acuh pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Ada beberapa upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa, antara lain: (1) memberi keteladanan kepada siswa, (2) melaksanakan peraturan kelas, (3) memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan (4) memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01